Show simple item record

dc.contributor.authorMAULANI, WULAN
dc.date.accessioned2025-10-01T01:06:03Z
dc.date.available2025-10-01T01:06:03Z
dc.date.issued2023-02
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5392
dc.description.abstractWulan Maulani, 2023. “Pengaruh Active Learning Tipe Everyone Is a Teacher Here dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK TI Labbaika Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Husni Idris, S.Ag., M.Pd. dan Dr. Sri Susmiyati, S.Ag., M.Pd.I. Latar belakang penelitian adalah selama ini pembelajaran yang berlangsung di sekolah cenderung menggunakan strategi ceramah, media belum banyak dimanfaatkan, dan pengelolaan belajar cenderung klasikal. Pada kenyataannya, hasil belajar pendidikan agama Islam yang dicapai peserta didik masih rendah. Rendahnya hasil belajar pendidikan agama Islam juga disebabkan karena keaktifan dalam aktivitas pembelajaran masih sangat kurang, seperti dalam mengungkapkan pendapat, berpikir kritis, juga dalam mengkomunikasikan ide dan gagasan. Penerapan active learning tipe everyone is a teacher here dapat membantu peserta didik memahami dan menangkap materi dengan cepat, melatih peserta didik untuk belajar lebih aktif dan kritis dalam berpikir, membangkitkan respon peserta didik, mengembangkan keberanian dan keterampilan peserta didik dalam menanggapi, menjawab, dan mengemukakan pendapat bahkan saran, serta melatih kepemimpinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh active learning tipe everyone is a teacher here dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK TI Labbaika Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimen. Eksperimen digunakan untuk menjelaskan dan meramalkan yang akan terjadi pada suatu variabel apabila diberikan suatu perlakuan tertentu pada variabel lainnya. Jenis desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa nilai signifikansi akhir yakni sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pada hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan active learning tipe everyone is a teacher here. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dinyatakan diterima bahwa terdapat pengaruh penerapan active learning tipe everyone is a teacher here dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Teknik Industri Labbaika Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectActive Learning, Everyone Is a Teacher Here, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titlePENGARUH ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK TI LABBAIKA SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record