View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_AHMAD KUSAIRI_FTIK.pdf (114.5Kb)
Date
2023-03
Author
KUSAIRI, AHMAD
Metadata
Show full item record
Abstract
Ahmad Kusairi, 2023. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Menganalisis pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M.Si. sebagai pembimbing I dan H. Susanto, Lc., M.Pd.I. sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menganalisis siswa yang diakibatkan oleh model pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak tepat sehingga mengakibatkan pembelajaran yang kurang efektif. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan menganalisis siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas VII MTs Darussalam Samarinda. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pra-eksperimental dengan pendekatan one group pre-test post-test design. Tempat penelitian yaitu MTs Darussalam Samarinda. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian tes berupa soal pilihan ganda dengan dibantu dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji T) dengan paired samples test bahwa nilai Asymp. Sig yaitu sebesar 0,000 < sig α (0,05). Sehingga hipotesis pada penelitian ini diterima, yaitu adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan menganalisis pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Darussalam Samarinda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai R-Square 0,16 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran snowball throwing sebesar 16%. Sedangkan hasil analisis menunjukkan bahwa sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran snowball throwing terdapat selisih antara nilai pre-test dan post-test (47,2 – 85) sebesar 37,8, di mana nilai post-test kemampuan menganalisis pada siswa lebih tinggi daripada nilai pre-test. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing berpengaruh positif terhadap kemampuan menganalisis siswa sebesar 16%, sedangkan 84% dipengaruhi oleh faktor lain, di antaranya rendahnya motivasi belajar beberapa siswa, kondisi sarana dan prasarana sekolah, rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, dan lain sebagainya.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5393
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [1018]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV