Show simple item record

dc.contributor.authorMAULIDA, NUR CHOFIFAH
dc.date.accessioned2025-10-01T01:27:44Z
dc.date.available2025-10-01T01:27:44Z
dc.date.issued2023-03
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5397
dc.description.abstractNur Chofifah Maulida, 2023. “Pengaruh Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Husni Idris, M.Pd. sebagai pembimbing I dan Yunita Noor Azizah, M.Pd.I. sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi dari perolehan hasil belajar dari beberapa siswa di kelas VIII-2 yang masih belum mencapai nilai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 75. Hal ini dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh sebagian guru masih belum tepat dan inovatif pada saat kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran permainan ular tangga terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII-2 di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif pre-eksperimental dengan pendekatan one group pre-test post-test design. Tempat penelitian yaitu MTs Darussalam Samarinda. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, hasil tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji T) dengan paired sample test didapatkan nilai Asymp. Sig sebesar 0,000 < sig α (0,05). Maka, adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran permainan ular tangga terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda. Sedangkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu sebesar 31% adanya peningkatan hasil belajar yang dipengaruhi dari penggunaan media pembelajaran permainan ular tangga, sedangkan sebesar 69% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain selain penggunaan media permainan ular tangga. Selain itu, dari hasil analisis sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran permainan ular tangga terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test (64,35) dan post-test (87,61). Dari data tersebut diketahui bahwa terdapat selisih antara nilai pre-test dan post-test sebesar 23,26, di mana nilai post-test hasil belajar pada siswa lebih tinggi daripada nilai pre-test.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMedia Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Hasil Belajar, Akidah Akhlak.en_US
dc.titlePENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record