dc.description.abstract | Nurlela Sabir, 2023. “Penerapan Program Boarding School dalam Membentuk Nilai-nilai Karakter Peserta Didik X di SMA Islam Ulumuddin Samboja”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M.Ag dan Muhammad Ridho Muttaqin, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini ialah pembentukan karakter merupakan hal yang penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan, karena tanpa adanya karakter seseorang akan dengan mudah melakukan sesuatu apapun yang dapat merugikan orang lain. Sekolah sebagai bagian dari lingkungan memiliki peran yang sangat penting, oleh karena itu sekolah harus melakukan suatu upaya untuk membentuk karakter peserta didik. Salah satu upaya penerapan pembentukan karakter yang saat ini banyak dilakukan oleh sekolah-sekolah ialah dengan menciptakan sistem Boarding School. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan program Boarding School tersebut dalam membentuk nilai-nilai karakter peserta didik kelas X di SMA Islam Ulumuddin Samboja.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SMA Islam Ulumuddin Samboja. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman dengan model interaktif yang meliputi tiga tahap yaitu kondensasi data, data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Boarding School dalam membentuk nilai-nilai karakter peserta didik kelas X SMA Islam Ulumuddin Samboja yaitu: (1) Kurikuler, dengan melakukan pembelajaran formal melaksanakan semua kebijakan yang telah ditentukan dan menerapkan pembentukan karakter berdasarkan kurikulum. Hal ini diterapkan untuk meningkatkan nilai-nilai karakter kedisiplinan, rasa tanggung jawab, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. (2) Ekstrakurikuler, dengan menyediakan suatu wadah untuk mengembangkan prestasi non-akademik peserta didik melalui kegiatan pramuka, paskibraka, dan drum band yang di dalamnya terdapat nilai-nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat atau komunikatif, peduli sosial, bertanggung jawab, kerja keras, dan menghargai prestasi. (3) Keagamaan, pembinaan keagamaan yang diterapkan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan religius peserta didik. | en_US |