dc.description.abstract | ABSTRAK
Endah Widayati, 2017. “ Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Tenggarong Seberang Tahun Pelajaran 2016/2017 ”. Penelitian ini dibimbing oleh bapak M Iwan Abdi, M.Si sebagai pembimbing I dan ibu Siti Nor Asiah,M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Tenggarong Seberang Tahun Pelajaran 2016/2017.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode bernyanyi cukup efektif dalam proses pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas.Subyek yang diteliti dalam penelitian kelas ini mengambil seluruh anak yang hadir yaitu 12 anak dari kelompok A. Prosedur penelitian dengan menggunakan tehnik pengumpulan data melalui perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Untuk menganalisa data digunakan analisis statistik sederhana dengan menghitung persentase kemampuan berbahasa anak. Setelah hasil dipeoleh, data tersebut ditampilkan dengan rentang nilai yang diklasifikasikan kedalam Berkembang Sangat Baik (BSB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH), Mulai Berkembang (MB), Belum Berkembang (BB). Selanjutnya menganalisa setiap siklus dan membandingkan dari siklus I, siklus II dan siklus III.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah rata-rata kemampuan anak berbahasa melalui metode bernyanyi anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Tenggarong Seberang adalah Berkembang Sesuai Harapan (BSH).Dengan perolehan nilai pada pratindakan sebesar 23 %, Siklus I adalah 2,0 % Siklus II 73 % dan Siklus III 94 %.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Aisyiayah Bustanul Athfal 2 Tenggarong Seberang. | en_US |