Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, KHESUMA DEWI
dc.date.accessioned2025-10-01T03:12:08Z
dc.date.available2025-10-01T03:12:08Z
dc.date.issued2023-02
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5400
dc.description.abstractPutri Khesuma Dewi, 1811101137. “Pengaruh Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK TI Labbaika Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian skripsi ini dibawah bimbingan Dr. Zamroni, M.Pd selaku pembimbing I dan Siti Nasiah, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya arsip jurnal prestasi belajar siswa yang masih di bawah nilai KKM atau tidak mencukupi standar nilai 75 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yang masih di bawah standar KKM pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah tidak semua guru memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik dalam menyampaikan materi ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK TI Labbaika Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa TKJ SMK TI Labbaika berjumlah 256, dan penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan karakteristik yang dibutuhkan yaitu kelas XI TKJ 1 dan XI TKJ 2. Teknik pengumpulan data berupa angket untuk variabel bebas dengan skala Likert yang telah terbukti validitas dan reliabilitasnya, serta nilai rapor untuk variabel terikat. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji koefisien korelasi sederhana serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji koefisien korelasi diperoleh nilai r = 0,680 dan jika diformulasikan dalam bentuk persentase koefisien determinasi diperoleh nilai R Square = 46,2%, yang berarti bahwa besar pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal guru terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 46,2%, sedangkan sisanya 54,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji T diperoleh thitung 6,878 > ttabel 1,673 dengan nilai signifikansi sebesar 0,017 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan pada kemampuan komunikasi interpersonal guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK TI Labbaika Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKomunikasi Interpersonal, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titlePENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK TI LABBAIKA SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record