Show simple item record

dc.contributor.authorNoor, Aspian
dc.date.accessioned2025-10-02T02:11:04Z
dc.date.available2025-10-02T02:11:04Z
dc.date.issued2023-02
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5402
dc.description.abstractAspian Noor. 17.1110.1151. Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fiqh Madrasah Aliyah Negeri (MAN 1) Kutai Kartanegara, 2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Iskandar, M.Ag sebagai pembimbing I dan Abdul Basith, M.Pd sebagai pembimbing II. Pendidikan seiring berjalannya waktu terus berkembang secara dinamis, perkembangan itu didasari oleh kemajuan teknologi yang semakin canggih. Pada saat ini banyak pendidik yang membuat sebuah inovasi baru atau lebih kreatif dalam menyampaikan materi ajar seperti menggunakan teknologi pembelajaran. Teknologi pendidikan ini tidak hanya sekadar mengetahui dan memahami bagaimana peserta didik belajar dan pendidik serta perangkat yang dapat mendukung pembelajaran, akan tetapi dalam teknologi pendidikan, pendidik hanya mengerti dan memahami bagaimana melakukan berbagai hal untuk membuat dukungan guna belajar nyata dan efektif. Peranan seorang guru dalam meningkatkan motivasi belajar menjadi suatu instrumen yang sangat penting bagi pembelajaran, ditambah saat pembelajaran di dalam kelas yang terlalu monoton para peserta didik mengalami kebosanan dalam belajar. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran fiqh Madrasah Aliyah Negeri (MAN 1) Kutai Kartanegara. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan obyek penelitian MAN 1 Kutai Kartanegara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, uji linearitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan dengan hipotesis awal yaitu Ha adanya pengaruh pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar peserta didik pada pelajaran fiqh di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kutai Kartanegara. Pada uji simultan F diterima adanya pengaruh secara signifikan terkait media pembelajaran audio visual dengan nilai F hitung 5,757 > F tabel 4,13. Pada uji T nilai signifikansi 0,022 < nilai probabilitas 0,05 dan nilai T hitung 2,032 > T tabel 1,997. Sehingga diambil keputusan terhadap hipotesis yaitu Ha diterima dan Ho ditolak.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectmedia pembelajaran audio visual, motivasi belajar, fiqh, MAN 1 Kutai Kartanegaraen_US
dc.titlePENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FIQH MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 KUTAI KARTANEGARAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record