dc.description.abstract | Teguh Setyo Komara, 2023. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag., selaku pembimbing I dan H. Susanto, Lc., M.Pd.I., selaku pembimbing II.
Dalam membentuk karakter, guru Akidah Akhlak memiliki peran. Hal ini tercantum di dalam RPP yang mana guru Akidah Akhlak berusaha membentuk karakter siswa seperti perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kepedulian, toleransi, santun, dan percaya diri, serta memberikan kisah-kisah teladan tentang akhlak Nabi. Guru Akidah Akhlak telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Dengan adanya peran guru, tertanam beberapa nilai-nilai karakter pada siswa, yaitu sedikitnya siswa yang datang terlambat, disiplin, jujur dalam mengerjakan tugas, dan bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan guru. Tentunya dengan adanya hal ini, peneliti ingin mengetahui peran guru Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter siswa di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda. Mengingat pentingnya peran seorang guru dalam pembentukan karakter yang baik pada siswa, maka peneliti mengangkat judul “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru Akidah Akhlak dalam pembentukan siswa serta faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam membentuk karakter siswa di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer dari penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak kelas VII dan beberapa siswa kelas VII. Sumber data sekunder yang digunakan yaitu gambaran umum MTs Al Mujahidin 2 Samarinda, seperti profil sekolah, identitas sekolah, visi misi, struktur organisasi sekolah, dan data pegawai. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif analitis dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru Akidah Akhlak dalam pembentukan siswa yaitu: guru sebagai pendidik, guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing, guru sebagai model dan teladan, serta guru sebagai penasehat. Faktor pendukungnya adalah adanya keterlibatan semua warga sekolah dan orang tua, sedangkan faktor penghambatnya adalah permasalahan ekonomi, broken home, dan bullying. | en_US |