Show simple item record

dc.contributor.authorErnawati, Ernawati
dc.date.accessioned2020-06-15T07:14:36Z
dc.date.available2020-06-15T07:14:36Z
dc.date.issued2017-09-16
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/540
dc.description.abstractABSTRAK Ernawati. 2017. Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Alqur’an di Taman Kanak-kanak Islam Bintang Kecil Desa Badak Baru kecamatan Muara Badak Tahun Pelajaran 2016/2017, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Samarinda.,Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Khojir, M.SI dan Nurwati, M.Pd. Alqur’an adalah kalam Allah, setiap muslim harus bisa membaca Alqur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Belajar Alqur’an yang terbaik dimulai sejak kanak-kanak sehingga bisa mencetak generasi Qurani yang didasari dengan akhlakul karimah. Taman Kanak-kanak Islam Bintang Kecil Muara Badak merupakan salah satu lembaga yang mengutamakan pendidikan Alqur’an. Dalam pembelajaran Alqur’an, Taman Kanak-kanak Islam Bintang Kecil Muara Badak menggunakan metode Ummi karena metode tersebut mampu menjamin setiap lulusan dapat membaca Alqur’an dengan tartil. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk: (1)Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Alqur’an menggunakan metode Ummi pada anak Taman Kanak-kanak di TK Islam Bintang Kecil Muara Badak. (2)Mendeskripsikan proses pembelajaran Alqur’an menggunakan metode Ummi pada anak taman kanak-kanak di TK Islam Bintang Kecil Muara Badak. (3)Mengetahui hasil pembelajaran Alqur’an pada anak Taman kanak-kanak selama menggunakan metode Ummi di TK Islam Bintang Kecil Muara Badak. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis seluruh data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara menelaah seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Ummi pada pembelajaran Alqur’an di TK Islam Bintang Kecil Muara Badak sudah berjalan baik sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Ummi Foundation. Dengan didukung oleh mutu guru dan sistem penjaminan mutu, metode ummi yang digunakan dalam pembelajaran Alqur’an ini mampu mempercepat anak dalam membaca Alqur’an dengan baik dan benar sehingga menjadikan siswa-siswinya berkualitas dalam bidang membaca Alqur’an.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectMetode Ummi, Alqur’anen_US
dc.titlePenerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Alqur’an di Taman Kanak-kanak Islam Bintang Kecil Desa Badak Baru kecamatan Muara Badak Tahun Pelajaran 2016/2017en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record