PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL- ISTIQOMAH LOA DURI ULU
Abstract
Auliya Minarni, 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqomah Loa Duri Ulu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Khairul Saleh, M.Ag selaku pembimbing I dan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian, dalam menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw, siswa antusias dan termotivasi mengikuti pembelajaran. Namun, di sisi lain model pembelajaran ini memberi dampak negatif di dalam kelas sehingga proses belajar tidak kondusif, siswa mengobrol, mengganggu teman, dan lain sebagainya. Sementara, tujuan diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw adalah siswa dituntut untuk konsentrasi, aktif, bertanggung jawab, saling membantu sehingga siswa paham dengan materi yang dipelajari. Oleh karena itu, peneliti tertarik dengan adanya model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw yang diterapkan di MI Al-Istiqomah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap pemahaman siswa kelas V dan VI pada mata pelajaran Fiqih di MI Al-Istiqomah Loa Duri Ulu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan populasinya adalah seluruh siswa-siswi MI Al-Istiqomah Loa Duri Ulu sebanyak 130 siswa. Kemudian, sampel yang digunakan pada kelas V dan VI sebanyak 40 siswa dengan teknik purposive sampling, alasannya karena dalam penelitian ini memiliki kriteria tertentu dalam menentukan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas serta teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi linear sederhana, uji korelasi product moment, uji t, dan uji determinasi.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas V dan VI MI Al-Istiqomah Loa Duri Ulu. Hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0,443 melalui aplikasi SPSS versi 22 yang mana angka tersebut berada pada interval antara 0,40 – 0,599 yaitu “cukup”. Adapun koefisien determinasi (R Square) senilai 0,244. Sehingga dapat dianalisis bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw memiliki pengaruh sebesar 24,4% terhadap pemahaman siswa dengan sisanya sebesar 75,6% yang disebabkan oleh variabel atau faktor lain. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini terbukti atau Ha dapat diterima.