EFEKTIVITAS MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ILMU TAJWID PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS VII DI MTS LABBAIKA SAMARINDA
Abstract
Muhammad Rif’at Syauqi Nawawy, 2023. “Efektivitas Media Audiovisual dalam Meningkatkan Kemampuan Ilmu Tajwid pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VII di MTs Labbaika Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd dan Rumainur, M.Pd.I.
Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan dalam pembelajaran tajwid yakni siswa merasa jenuh dan bosan sehingga tidak memperhatikan guru selama pembelajaran sedang berlangsung. Guru tidak menggunakan media atau hanya menggunakan metode ceramah dan demonstrasi, menyebabkan siswa kurang antusias dan menjadi malas dikarenakan guru sekadar menerapkan metode demonstrasi dan ceramah saja. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah media audiovisual efektif dalam meningkatkan kemampuan ilmu tajwid pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII di MTs Labbaika Samarinda.
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini yang akan dilakukan adalah Quasi Experimental atau penelitian eksperimen dengan desain Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design, yaitu desain yang memberikan pretest sebelum dikenakan perlakuan, serta posttest sesudah dikenakan perlakuan pada masing-masing kelompok. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 185 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan 2 kelas yaitu kelas VII D (32 siswa) dan VII E (31 siswa). Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji Wilcoxon, dan uji N-Gain score.
Hasil penelitian menunjukkan analisis uji N-Gain score mendapatkan nilai rata-rata N-Gain score kelas kontrol (konvensional) sebesar 56,18 atau 56,1% termasuk dalam kategori cukup efektif, dengan nilai N-Gain score minimal 33,3% dan maksimal 80%. Sedangkan nilai rata-rata N-Gain score kelas eksperimen (media audiovisual) adalah sebesar 73,10 atau 73,1% termasuk dalam kategori cukup efektif, dengan nilai N-Gain score minimal 40% dan maksimal 100%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media audiovisual cukup efektif terhadap kemampuan ilmu tajwid dalam pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII di MTs Labbaika Samarinda.