PENGARUH PENERAPAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS XI MA DARUL IHSAN SAMARINDA
Abstract
Andraina Rizki Aulia, 2022. “Pengaruh Penerapan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI MA Darul Ihsan Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Agama, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd sebagai pembimbing I dan Fathur Rahman, S.Si., M.Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita yang terjadi pada saat fenomena timbulnya wabah Covid-19. Dimana pada saat selang 2 tahun pendidikan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara online atau biasa dikenal dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Akan tetapi munculnya beberapa kendala pelaksanaan PJJ menyebabkan pemerintah merumuskan kebijakan baru dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Inovasi yang dilakukan pihak madrasah di wilayah zona hijau dan kuning adalah menerapkan pembelajaran berbasis Blended Learning, yaitu sistem pembelajaran yang memadukan antara luring (tatap muka) dan daring (dalam jaringan/jarak jauh). Maka berdasarkan peraturan yang dikeluarkan pernyataannya oleh KEMENDIKBUD pada tanggal 10 September 2021 diperbolehkannya Pertemuan Tatap Muka (PTM) dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dengan demikian madrasah melakukannya dengan Blended Learning. Pada penelitian ini dengan mengangkat permasalahan “Pengaruh Penerapan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas XI MA Darul Ihsan Samarinda” yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Blended Learning terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui seberapa besar persentase pengaruh Blended Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas XI MA Darul Ihsan Samarinda.
Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan selama di lapangan penelitian berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan terdapat uji prasyarat yang berisi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang berisi uji normalitas dan homogenitas, teknik analisis data yang berisi uji hipotesis dan regresi sederhana. Teknik analisis data keseluruhan menggunakan regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa Blended Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di MA Darul Ihsan Samarinda dapat dilihat dari hasil analisis data dengan metode regresi sederhana Fhitung 9.308 > Ftabel 3.940 dengan tingkat signifikan 0,003 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi R Square sebesar 0,840 dimana hal tersebut berarti bahwa pengaruh variabel X (Blended Learning) terhadap variabel Y (Hasil Belajar) adalah sebesar 84%. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung 3.051 > ttabel 1.160 maka hipotesis penelitian ini diterima. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa H1 penelitian ini diterima dan H0 ditolak, yang artinya terdapat pengaruh Blended Learning terhadap hasil belajar siswa.