View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN NAHWU DI PROGRAM KEAGAMAAN MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_ASIAH_FTIK.pdf (288.7Kb)
Date
2023-02
Author
ASIAH, ASIAH
Metadata
Show full item record
Abstract
Asiah, 2023. “Problematika Pembelajaran Nahwu di Program Keagamaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Zamroni, M.Pd dan Bapak Khairul Rijal, M.Pd. Latar belakang dari penelitian ini ialah bahasa Arab tidak dapat dipahami tanpa pemahaman yang mendalam tentang ilmu nahwu. Melihat posisi strategis nahwu dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab, maka pembelajaran nahwu menjadi bagian dari ilmu pengetahuan yang sangat penting untuk dipelajari di lembaga pendidikan Islam. Dalam penerapan pembelajaran nahwu bagi orang Indonesia tentu akan sangat banyak hambatan yang dihadapi, seperti yang terjadi di Program Keagamaan MAN 2 Samarinda yaitu masih banyak peserta didik yang merasa kesulitan dalam pembelajaran nahwu, karena banyak dari mereka yang sebelumnya tidak pernah belajar nahwu bahkan ada beberapa dari mereka yang tidak tertarik belajar nahwu karena menganggap itu sulit untuk dipelajari dikarenakan banyaknya kaidah nahwu yang harus dipahami dan penerapannya dalam membuat contoh kalimat dalam bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa saja problematika dalam pembelajaran nahwu di Madrasah Aliyah Negeri 2 Program Keagamaan (MAN-PK) Samarinda. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data adalah pendidik ilmu nahwu dan peserta didik Program Keagamaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran nahwu di Program Keagamaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda ada tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun problematika pembelajaran nahwu di Program Keagamaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda terdiri dari beberapa faktor yakni faktor peserta didik berupa perbedaan latar belakang pendidikan dan kurangnya minat belajar peserta didik, berikutnya dari faktor pendidik yaitu karena rendahnya profesionalisme guru, sedangkan faktor bahan ajar yaitu kitab yang digunakan tidak tuntas dipelajari dan faktor waktu belajar yang sangat terbatas. Adapun upaya dalam mengatasi problematika tersebut yaitu harus lebih selektif lagi dalam penerimaan siswa baru, memberikan motivasi terkait pentingnya mempelajari ilmu nahwu serta merubah mindset mereka yang menganggap ilmu nahwu itu sulit, mencari guru pengganti sementara yang sesuai di bidangnya untuk menggantikan pembelajaran nahwu, menyelesaikan mempelajari satu kitab terlebih dahulu setelah itu baru mempelajari kitab selanjutnya sesuai tingkatan kelas, serta menambah jadwal pembelajaran nahwu seminggu dua atau tiga kali agar lebih efektif.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5424
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [1014]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV