Show simple item record

dc.contributor.authorTANJUNG, FAIZAL
dc.date.accessioned2025-10-06T03:00:36Z
dc.date.available2025-10-06T03:00:36Z
dc.date.issued2023-05
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5429
dc.description.abstractFaizal Tanjung, 2023. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Keterampilan Bertanya dan Prestasi Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Negeri 8 Samarinda.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M.Ag selaku pembimbing I dan Dr. Hj. Titi Kadi, M.Pd.I selaku pembimbing II. Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang wajib diajarkan di sekolah. Di dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pendidik seringkali menghadapi tantangan dalam membangkitkan minat belajar peserta didik, khususnya dalam hal prestasi hasil belajar peserta didik di dalam kelas. Prestasi hasil belajar peserta didik penting di dalam kegiatan proses pembelajaran. Dengan menggunakan strategi pembelajaran active knowledge sharing akan menumbuhkan keaktifan bagi peserta didik. Pada penelitian ini ingin diketahui apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap prestasi hasil belajar peserta didik dan seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap prestasi hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Samarinda. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap prestasi hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 8 Samarinda, dan sampelnya adalah kelas VIII.A, K, F, dan J yang berjumlah 131 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample T-test sebagai pembuktian hipotesis dan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap prestasi hasil belajar peserta didik. Didapatkan hasil untuk kelas eksperimen sesudah diberikan treatment dengan nilai rata-rata sebesar 77,58, sedangkan peserta didik yang diberikan pembelajaran biasa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 73,73. Hasil dari uji t ialah 0,000 < 0,05, dan hasil untuk N-Gain Score kelas yang menggunakan strategi pembelajaran active knowledge sharing sebesar 0,36 dengan kriteria sedang, sedangkan kelas yang menggunakan pembelajaran biasa sebesar 0,21 dengan kriteria rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran active knowledge sharing berpengaruh terhadap prestasi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 8 Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi Pembelajaran, Active Knowledge Sharing, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam.en_US
dc.titlePENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record