Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah lbtidaiyah Ma'arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda Seberang
Abstract
ABSTRAK
Ana Nurdiana, 2017. "Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah lbtidaiyah Ma'arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda Seberang. Skripsi Jurusan Pedidikan Islam Fakukas Tarbiyah dan llmu Keguruan (IAIN) Samarinda". Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Zamroni, M. Pd dan Muhammad Iwan Abdi, M. SI.
Latar belakang penelitian ini adalah guru, guru merupakan salah satu komponen penting yang mempunyai peran dalam mencerdasakan bangsa. Secara sederhana dapat didefinisikan bahwa yang dimaksud guru ialah setiap orang yang sengaja mempengaruhi orang lain (siswa) untuk mencapai tujuan pedidikan yang dicita-citakan. Peran dan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar meliputi banyak hal yaitu guru sebagai penasehat, demonstrator, model dan teladan, pengelola kelas, mediator dan fasilitator, evaluator, pendorong kreativitas, pengadministrasian, peran secara pribadi, dan psikologis. Tujuan dari penelitian ini agar mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggambmkan fenomena sosial di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda Seberang melalui informasi yang diperoleh dari beberapa guru dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan wawancara serta dilakukan analisa data dengan mereduksi, menggambarkan, menyimpulkan, dan menguji keabsahan data secara objektif gambaran peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar dapat berjalan secara optimal, hal tersebut terlihat dari penggunaan strategi dan metode yang bervariasi serta kesiapan dari guru tersebut sebelum pembelajaran dimulai, tujuan tersebut adalah agar nantinya ketika pembelajaran dimulai siswa dapat tertarik dengan pembelajaran tersebut sehingga apa yang akan disampaikan oleh guru dapat dipahami dan diterapkan oleh siswa.