View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP NEGERI 2 MUARA WAHAU

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_ZAINAL MAHFUD EFENDI_FTIK.pdf (10.23Kb)
Date
2023-06
Author
EFENDI, ZAINAL MAHFUD
Metadata
Show full item record
Abstract
Zainal Mahfud Efendi, 2023. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMP Negeri 2 Muara Wahau.” Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Dosen Pembimbing I: Wahdatun Nisa, M.A. dan Dosen Pembimbing II: Rega Armella, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor lingkungan, baik geografis maupun sosial serta keluarga. Secara tidak langsung faktor tersebut memiliki dampak yang kuat dalam karakter religius siswa. Oleh karena itu, SMP Negeri 2 Muara Wahau sebagai lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab yang penting. Pendidikan yang dilakukan yaitu dengan menggunakan strategi guru Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan keagamaan untuk membentuk karakter religius, kepribadian, dan kebiasaan perilaku siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan kata-kata tertulis atau lisan dari narasumber yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, model data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan sebagai berikut: (1) guru bertindak sebagai pendidik melaksanakan strategi pembentukan karakter religius melalui pendekatan yang komprehensif dengan strategi learning by doing; (2) guru juga memberikan gambaran bahwa program-program yang berhubungan dengan wali siswa dijadikan sebagai salah satu sarana pertemuan antara guru dan wali murid dengan membahas tema-tema pengembangan pendidikan, suasana pembelajaran, kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, serta informasi seputar dunia pendidikan terhadap perkembangan peserta didik.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5430
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [1014]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV