PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 LOA KULU
Abstract
Choirunnisa, 2022. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Loa Kulu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.Si. sebagai dosen pembimbing I dan Anggie Nadia Dinihari, M.Pd. selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini ialah sejak pandemi Covid-19 yang melanda seluruh negeri di dunia, termasuk Indonesia, kegiatan pembelajaran yang awalnya tatap muka beralih ke pembelajaran daring sehingga terjadi perubahan pada sistem yang memengaruhi proses pembelajaran dan tingkat perkembangan siswa dalam merespons materi yang diberikan oleh guru. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah, khususnya pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Loa Kulu. Oleh karena itu, sangat diperlukan perhatian orang tua yang lebih dalam hal membimbing serta mengawasi anak supaya dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Loa Kulu.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi berjumlah 223 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai yakni angket, dokumentasi, dan observasi. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, serta uji linearitas. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment, uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji t.
Berdasarkan hasil uji korelasi product moment, didapatkan nilai sebesar 0,433 yang berarti ada pengaruh dari perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Loa Kulu. Hasil uji t menunjukkan bahwa t<sub>hitung</sub> 3,836 > t<sub>tabel</sub> 2,384, maka dapat dinyatakan H<sub>a</sub> diterima. Hasil uji koefisien determinasi memperlihatkan pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar 18,7% dan sebesar 81,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dengan kategori cukup antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Loa Kulu.