Model Pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Dicky Renaldi. 2017. Model Pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Etty Nurbayani, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Amalia Nur Aini, M.Pd. Sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah realita terkait penggunaan metode ceramah dan diskusi yang sering digunakan guru dalam pembelajaran. Alasan guru memakai metode tersebut dikarenakan lebih praktis dan tidak membuang banyak waktu dalam proses pembelajaran. Namun guru PAI dituntut untuk mengembangkan model pembelajarannya sesuai dengan kriteria siswa yang dihadapi dengan kreativitas yang tinggi untuk mengembangkan model pembelajaran atau mengkreasikannya dengan sumber-sumber pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan dan menjelaskan langkah-langkah model pembelajaran yang dikembangkan guru serta untuk mengetahui efektifitas dari model yang dikembangkan guru di MIN 2 Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil objek penelitian di MIN 2 Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil tersebut kemudian dianalisis melalui empat tahap yakni : peneliti mengumpulkan data-data penelitian dengan cara melakukan observasi ke MIN 2 Samarinda. Kemudian memilah dan memilih serta menyederhanakan data sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan. Setelah itu peneliti mendeskripsikan data yang diperoleh dari guru mapel rumpun PAI. Setelah itu peneliti menarik kesimpulan dari hasil penggunaan model pembelajaran dalam proses pembelajaran
Kesimpulan pada penelitian ini, yaitu 1) Model Pembelajaran yang dikembangkan guru rumpun PAI di MIN 2 Samarinda ialah direct instruction dan cooperative learning. Model direct instruction lebih menekankan pada pengetahuan guru dalam ceramah dan tanya jawab, sedangkan model cooperative learning lebih menekankan pada keaktifan siswa dalam berkelompok. 2) Langkah-langkah Model Pembelajaran yang dikembangkan Guru rumpun PAI baik dalam perencanaan (RPP) dengan pelaksanaannya dikelas, tidak ada yang melakukan variasi pada model pembelajarannya. 3) Efektifitas Model Pembelajaran rumpun PAI yang dikembangkan guru di MIN 2 Samarinda dilihat dari segi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik keduanya sama-sama efektif terlihat dari nilai siswa yang telah melewati KKM yaitu 70.