dc.description.abstract | Rini Junenti Malidah, 2023. “Strategi Pengembangan Motorik Kasar pada Kelas B2 di Raudhatul Athfal Asy Syauqi Tenggarong.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Lina Revilla Malik, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Sunanik, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah lincahnya anak didik dalam melakukan kegiatan pengendalian gerak pada tubuh, di mana kegiatan ini memerlukan kekuatan pada otot tangan, kaki, dan lengan. Dalam hal ini anak mampu melakukan kegiatan dengan maksimal dari awal hingga akhir kegiatan melalui kegiatan lompat tali, bermain bola futsal, serta gerak dan lagu. Keberhasilan seorang guru dalam menstimulasi pengembangan motorik kasar pada anak membuat penulis tertarik untuk mengetahui strategi seperti apa yang diberikan guru terkait pengembangan motorik kasar tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pengembangan motorik kasar pada kelas B2 di Raudhatul Athfal Asy Syauqi Tenggarong serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pengembangan motorik kasar pada kelas B2 di Raudhatul Athfal Asy Syauqi Tenggarong.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data terdiri dari dua jenis, yaitu sumber data primer melalui wawancara dan sumber data sekunder yang meliputi guru, kepala sekolah, dokumentasi, serta dokumen pendukung lainnya. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah kerja Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan motorik kasar pada kelas B2 di Raudhatul Athfal Asy Syauqi Tenggarong yang dilakukan oleh guru adalah strategi melalui bermain serta gerak dan lagu. Kegiatan bermain yang dilakukan berupa bermain lompat tali serta bermain futsal. Kegiatan bermain yang dilakukan di dalamnya terdapat komponen pembelajaran berupa tujuan, tempat, metode, dan penilaian yang akan dilakukan guru. Faktor pendukung terkait dengan sarana dan prasarana yang telah disiapkan serta kegiatan yang dilakukan menyenangkan sehingga mudah diterima oleh anak, sedangkan faktor penghambat terkait dengan lingkungan yang tidak kondusif dan ketidakhadiran peserta didik. | en_US |