View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Cordova (038) Samarinda

Thumbnail
View/Open
Arif Fadhilah.docx (13.03Kb)
Date
2017-03-22
Author
Fadhilah, Arif
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Arif Fadhilah (NIM: 1211010013) “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Cordova (038) Samarinda. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut (FTIK) Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Zurqoni, M.Ag dan Marniati Kadir, SPd., M.Pd. Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Cordova (038) Samarinda. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakn pada bulan Oktober 2016 sampai dengan November 2016 pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Cordova (038) Samarinda dengan subjek siswa kelas III, IV, V dan kelas VI sebagai responden. Jumlah populasi sebanyak 471 orang yang selanjutnya akan dipilih sebanyak 45 orang sebagai sampel dengan menggunakan teknik penarikan Sampel Acak Sederhana (Simple Random Sampling). Pengumpulan data menggunakan kuisioner (Angket) yang kemudian dianalisis dengan teknik analisis Korelasi Koefisen Kontingensi. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus Teknik Korelasi Koefisien Koningensi diperoleh harga Phi (𝛟) sebesar 0,07. Hasil konsultasi dengan Tabel Nilai “r” Product Moment dengan df sebesar 45 diketahui bahwa Phi (𝛟) lebih kecil dari rtabel, baik pada taraf signifikansi 5% (0,288) maupun taraf signifikansi 1% (0,372). Dengan demikian maka Hipotesis Nol (Ho) diterima sedangkan Hipotesis Alternatif Ha ditolak. Berarti dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran dan motivasi belajar. Hal ini dapat disebabkanoleh terbatasnya jumlah media pembelajaran, kurang menariknya materi yang disajikan dan cara penyajian media pembelajaran tidak mampu menarik perhatian siswa
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/546
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [867]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV