View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMKN 8 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_AHNAF RAYHAN_FTIK.pdf (211.4Kb)
Date
2023-03
Author
RAYHAN, AHNAF
Metadata
Show full item record
Abstract
Ahnaf Rayhan, 2022. “Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMK Negeri 8.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Husni Idris, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing I dan Yunita Noor Azizah, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan karakter religius dalam sebuah sekolah. Guru memegang peranan yang sangat penting dalam peningkatan karakter religius, khususnya guru PAI melalui proses pembelajaran. Guru menjadi tolak ukur siswa dalam bertutur kata maupun bertindak, serta pelajaran yang diajarkan memuat tentang akidah, ibadah, dan muamalah. Sebagaimana yang terdapat di SMKN 8 Samarinda, peneliti melihat bahwa terdapat program-program yang bagus dalam menanamkan karakter religius. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa masih terdapat siswa yang tidak selaras dengan ajaran Islam, seperti bertutur kata kasar (toxic), berperilaku tidak sopan kepada guru, merokok, bolos, dan lain-lain. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan meringkas data secara mendalam dari hasil temuan di lapangan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik atau strategi, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa sudah dilakukan dan mendapatkan hasil yang cukup baik. Hal ini terlihat melalui peran guru PAI yang menjalankan tugasnya sebagai pendidik, suri tauladan, pembimbing, pemberi motivasi, dan evaluator. Selain itu, terdapat program yang menunjang peningkatan karakter religius siswa seperti pembiasaan budaya 5S, membaca doa sebelum dan sesudah belajar, wajib jamaah salat dzuhur, pembacaan Yasin dan tausyiah setiap hari Jumat, serta program PHBI.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5462
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [1028]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV