PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMKN 8 SAMARINDA
Abstract
Ahnaf Rayhan, 2022. “Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMK Negeri 8.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Husni Idris, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing I dan Yunita Noor Azizah, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan karakter religius dalam sebuah sekolah. Guru memegang peranan yang sangat penting dalam peningkatan karakter religius, khususnya guru PAI melalui proses pembelajaran. Guru menjadi tolak ukur siswa dalam bertutur kata maupun bertindak, serta pelajaran yang diajarkan memuat tentang akidah, ibadah, dan muamalah. Sebagaimana yang terdapat di SMKN 8 Samarinda, peneliti melihat bahwa terdapat program-program yang bagus dalam menanamkan karakter religius. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa masih terdapat siswa yang tidak selaras dengan ajaran Islam, seperti bertutur kata kasar (toxic), berperilaku tidak sopan kepada guru, merokok, bolos, dan lain-lain.
Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan meringkas data secara mendalam dari hasil temuan di lapangan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik atau strategi, dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa sudah dilakukan dan mendapatkan hasil yang cukup baik. Hal ini terlihat melalui peran guru PAI yang menjalankan tugasnya sebagai pendidik, suri tauladan, pembimbing, pemberi motivasi, dan evaluator. Selain itu, terdapat program yang menunjang peningkatan karakter religius siswa seperti pembiasaan budaya 5S, membaca doa sebelum dan sesudah belajar, wajib jamaah salat dzuhur, pembacaan Yasin dan tausyiah setiap hari Jumat, serta program PHBI.