PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA DI MTS LABBAIKA SAMARINDA
Abstract
Sulistyawati, “Penggunaan Media dalam Pembelajaran PAI pada Siswa di MTs Labbaika Samarinda”, 2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag. dan Bapak Muhammad Ridho Muttaqin, M.Pd.I.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media di MTs Labbaika yang sudah sesuai dengan standar pembelajaran pendidikan dan bertujuan untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar. Selain itu, dengan media pembelajaran akan mempermudah siswa menguasai materi pelajaran yang menimbulkan minat serta kecerdasan siswa, sehingga tujuan belajar mengajar dapat tercapai secara efektif. Adapun kendala yang dihadapi di MTs Labbaika Samarinda yaitu apabila terjadi pemadaman listrik, proses pembelajaran menjadi terhambat sehingga diperlukan adanya media pengganti agar pembelajaran tidak terhenti saat pemadaman listrik terjadi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu waka kurikulum, guru, dan siswa, sedangkan sumber data sekunder yaitu data-data yang telah ada di MTs Labbaika Samarinda. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data melalui kredibilitas dan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data yang digunakan meliputi empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa penggunaan media dalam pembelajaran PAI pada siswa di MTs Labbaika Samarinda: (1) Penggunaan media pembelajaran di MTs Labbaika Samarinda telah memanfaatkan media pendukung, bukan hanya papan tulis dan buku paket, tetapi juga fasilitas yang disediakan sekolah seperti LCD untuk menampilkan powerpoint dan gambar, memutar video, mikrofon, dan speaker. (2) Kendala penggunaan media pembelajaran PAI pada siswa di MTs Labbaika Samarinda yaitu apabila terjadi pemadaman listrik sehingga proses pembelajaran menjadi terhambat.