View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH INOVASI DIDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 4 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_SYARIFAH ALYSHA SORAYA JINDAN_FTIK.pdf (132.6Kb)
Date
2023-03
Author
JINDAN, SYARIFAH ALYSHA SORAYA
Metadata
Show full item record
Abstract
Syarifah Alysha Soraya Jindan, 2022. “Pengaruh Inovasi Didalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri 4 Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag selaku Pembimbing I dan Bapak Wildan Saugi, M.Pd selaku Pembimbing II. Latar belakang penelitian ini ialah metode pembelajaran yang dilakukan di SMA Negeri 4 Samarinda adalah dengan metode ceramah dan metode diskusi. Dalam setiap metode tersebut para pendidik selalu memberikan inovasi pada pembelajaran PAI. Adapun dalam metode ceramah yang ada di sekolah yaitu inovasi yang dilakukan pada metode ini ialah dengan cara para pendidik selalu memberikan bahan pembelajaran yang dapat diterima dengan mudah oleh peserta didik sehingga hal ini menyebabkan para siswa dengan mudah memahami proses pembelajaran. Kemudian metode diskusi, cara penyajian metode ini dilakukan dalam bentuk pembagian kelompok yang masing-masing kelompok mempunyai tugasnya masing-masing. Ada beberapa materi dalam pembelajaran PAI yang memerlukan latihan-latihan seperti materi tata cara shalat. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan pengumpulan data menggunakan bentuk angka-angka. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif karena penelitian ini menemukan pengetahuan maupun menggunakan data berupa angka sebagai alat ukur untuk menemukan keterangan tentang apa yang ingin penulis ketahui. Teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji F, serta koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah terdapat pengaruh yang positif serta signifikan antara inovasi pembelajaran dan motivasi belajar siswa, dibuktikan dengan perolehan hasil nilai uji regresi linier sederhana sebesar 0,000 < 0,05. Hasil korelasi product moment sebesar 0,630 dapat dikategorikan tingkat kuat. Sumbangsih inovasi pembelajaran terhadap motivasi belajar sebesar 39,7%.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5469
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [1028]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV