View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU NURUL ‘ILMI 1 TENGGARONG

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_NANA MAISYARAH_FTIK.pdf (141.2Kb)
Date
2022-07
Author
MAISYARAH, NANA
Metadata
Show full item record
Abstract
Nana Maisyarah, 2022. “Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Ular Tangga di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi 1 Tenggarong”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Robingatin, M.Ag. sebagai dosen pembimbing I dan Ibu Amalia Nur Aini, M.Pd. sebagai dosen pembimbing II. Latar belakang terangkatnya penelitian ini karena kurangnya kemampuan motorik kasar anak dalam permainan ular tangga. Di dalam kelas dari 14 anak hanya 2 orang anak yang mampu. Hal ini disebabkan adanya pandemi Covid-19 yang mewabah seluruh tanah air, sehingga anak-anak hanya belajar dari rumah dan bermain di rumah bersama keluarga. Saat pandemi, proses belajar mengajar sangat kurang maksimal karena kurangnya inovasi atau variasi guru dalam menyampaikan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran merupakan hal yang penting dan sangat menentukan berhasil tidaknya proses belajar. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah permainan tradisional ular tangga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 kali pertemuan, satu siklus ada 2 kali pertemuan. Penelitian diperoleh dari pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data ada empat aspek yaitu kemampuan melompat, kelincahan bermain, melempar dadu, dan keseimbangan badan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, dapat dilihat dari hasil yang dicapai dari setiap siklus. Aspek penilaian kemampuan melompat pada awal pratindakan 28% meningkat menjadi 35% pada siklus I dan 81% pada siklus II. Aspek penilaian kemampuan kelincahan pada awal pratindakan 14% meningkat menjadi 49% pada siklus I dan 78% pada siklus II. Aspek penilaian kemampuan melempar pada awal pratindakan 50% meningkat menjadi 71% pada siklus I dan 96% pada siklus II. Aspek penilaian kemampuan keseimbangan badan pada awal pratindakan 28% meningkat menjadi 53% pada siklus I dan 92% pada siklus II. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK tersebut.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5471
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [176]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV