PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SAMARINDA
Abstract
Ainun Rahman, 2023. “Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 1 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M.Ag. sebagai pembimbing I dan Anggie Nadia Dinihari, M.Pd. sebagai pembimbing II.
Pembelajaran akidah akhlak merupakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan karakter. Akidah merujuk pada keyakinan terhadap Tuhan dan agama, sedangkan akhlak merujuk pada perilaku dan tindakan yang sesuai dengan nilai-nilai etika yang baik. Pendidikan karakter yang diberikan melalui pembelajaran akidah akhlak dapat membentuk karakter individu secara holistik, yaitu mengembangkan potensi fisik, emosional, intelektual, sosial, dan spiritual individu. Pembelajaran akidah akhlak juga dapat membantu individu dalam membentuk kepribadian yang berkarakter dan memiliki akhlak yang baik. Pembelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 1 Samarinda sudah cukup baik, contohnya perilaku sopan santun, tata krama, tolong-menolong, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan rasa empati yang tinggi. Namun, masih ada beberapa siswa yang perlu diperhatikan lagi dalam berperilaku yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter siswa, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 1 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan jenis penelitian desain Sequential Explanatory dalam pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif yang dilakukan secara berurutan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 73 responden dengan memanfaatkan sampling jenuh sebagai teknik pengambilan sampel. Sementara itu, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Untuk analisis data, peneliti menggunakan korelasi product moment dan uji regresi linear sederhana.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ialah terdapat hubungan yang kuat dan positif serta signifikansi antara pembelajaran akidah akhlak dengan pembentukan karakter, dibuktikan dengan perolehan hasil analisis korelasi sebesar 0,69 dan sig. sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga semakin baik penerapan pembelajaran akidah akhlak, maka semakin baik juga pembentukan karakter siswa di SMP Muhammadiyah 1 Samarinda. Kemudian, besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 47,61% dan sebesar 52,39% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Faktor pendukung dari pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter ialah seluruh guru-guru yang mengajar menjadi faktor pendukung pembentukan karakter siswa. Dan faktor penghambat tertuju kepada teman, terkadang siswa mengikuti perbuatan yang kurang baik.