View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH PENGGUNAAN QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_MUHAMMAD REZZA NUR RAHMAN_FTIK.pdf (68.99Kb)
Date
2023-05
Author
RAHMAN, MUHAMMAD REZZA NUR
Metadata
Show full item record
Abstract
Muhammad Rezza Nur Rahman, 2023. “Pengaruh Penggunaan Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. Ahmad Riyadi, S.S., M.Hum. selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I. selaku Dosen Pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya rasa bosan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis yang dialami berdasarkan survei 63,1% dari 130 orang siswa kelas XI Reguler di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda yang membuat motivasi belajar mereka dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis menurun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh penggunaan Quizizz terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental Design One Group Pretest-Posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Purposive Sampling karena peneliti menetapkan kriteria tertentu untuk dijadikan sampel. Sampel yang diambil berjumlah 32 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik dengan metode uji Wilcoxon. Analisis deskriptif dari penelitian ini menghasilkan rata-rata pretest tingkat motivasi belajar siswa sebesar 47,88 (53%) pada kategori sedang dan rata-rata posttest tingkat motivasi belajar siswa sebesar 67 (74%) pada kategori tinggi. Ini menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata sebesar 19,12 atau sekitar 21%. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji Wilcoxon, diperoleh nilai Asymp. Sig. 0,000 < signifikansi 0,05 artinya Ha diterima dan H₀ ditolak. Sehingga dapat diartikan adanya pengaruh penggunaan Quizizz terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Besaran pengaruh yang dihasilkan dilihat pada uji Wilcoxon Signed Ranks, diperoleh hasil bahwa data pretest dan posttest hanya mengalami perbedaan positif tanpa adanya perbedaan negatif ataupun kesamaan data dan peningkatan rata-rata sebesar 16,50 kemudian peningkatan hasil sebesar 528,00
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5478
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [1028]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV