| dc.description.abstract | Anisa, 2022. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) dengan Altruisme Remaja pada Siswa Madrasah Aliyah (MA) Pesantren Al-Mujahidin Samarinda Seberang”. Skripsi, Jurusan Pemberdayaan Masyarakat, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Nurkholik Afandi, M.Pd. dan Rudy Hadi Kusuma, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh remaja SMA yang merupakan masa baginya untuk berusaha mencapai kematangan fisik, emosional, akal, jiwa, spiritual, dan sosial. Oleh karena itu, tinggi rendahnya perilaku altruisme tidak lepas dari faktor-faktor internal dan eksternal, di antaranya adalah kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Siswa yang memiliki kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang tinggi tidak hanya baik dalam hal pribadi, juga baik secara umum. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui signifikansi hubungan antara kecerdasan emosional dengan altruisme remaja siswa Madrasah Aliyah (MA) Pesantren Al-Mujahidin Samarinda Seberang; (2) untuk mengetahui signifikansi hubungan antara kecerdasan spiritual dengan altruisme remaja siswa Madrasah Aliyah (MA) Pesantren Al-Mujahidin Samarinda Seberang; dan (3) untuk mengetahui signifikansi hubungan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan altruisme remaja siswa Madrasah Aliyah (MA) Pesantren Al-Mujahidin Samarinda Seberang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah (MA) Pesantren Al-Mujahidin Samarinda Seberang tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 122 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik stratified random sampling yang berjumlah 55 responden yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala psikologis. Adapun metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan bahwa: (1) tidak terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan altruisme remaja siswa Madrasah Aliyah Pesantren Al-Mujahidin Samarinda Seberang, yaitu koefisien regresi sebesar 0,039 yang berarti korelasi yang sangat rendah dengan signifikansi 0,533 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan; (2) terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan spiritual dengan altruisme remaja siswa Madrasah Aliyah Pesantren Al-Mujahidin Samarinda Seberang, yaitu koefisien regresi sebesar 0,374 yang berarti korelasi yang rendah dengan signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan altruisme remaja siswa Madrasah Aliyah Pesantren Al-Mujahidin Samarinda Seberang, yaitu signifikansi sebesar 0,523 dengan berkontribusi sebesar 27,4% terhadap altruisme. | en_US |