Show simple item record

dc.contributor.authorSyamsudin, Syamsudin
dc.date.accessioned2020-06-16T03:12:17Z
dc.date.available2020-06-16T03:12:17Z
dc.date.issued2017-09-07
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/550
dc.description.abstractABSTRAK Syamsudin. 2017. Sistem Pendisiplinan Siswa MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Islam. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Pembimbing I adalah Bapak Dr. Syeh Hawib Hamzah, M.PdI, dan Pembimbing II adalah Ibu Lina Revilla Malik, M.Si. Latar belakang masalah penelitian ini adalah MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda memiliki sistem pendisiplinannya yang mampu menghasilkan peserta didik yang tingkat kedisiplinannya baik, yaitu peserta didik yang awal masuk sekolah membawa kepribadian yang kurang disiplin, dengan berjalannya proses pendisiplinan peserta didik memiliki perilaku disiplin. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap 1) Kedisiplinan siswa MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda 2) Sistem pendisiplinan siswa MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda 3) Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam sistem pendisiplinan siswa MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, WAKA kesiswaan, Guru wali kelas serta Siswa MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kedisiplinan peserta didik sudah sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, peserta didik menjalankan tata tertib/aturan dengan baik, baik dalam hal kehadiran ke sekolah, kelengkapan atribut pakaian, kedisiplinan dalam proses pembelajaran dan dalam kegiatan keagamaan/diniah. 2) Sistem pendisiplinan yang dilakukan oleh MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda terhadap peserta didik berjalan dengan baik dengan beberapa cara atau metode diantaranya dengan nasehat, suri teladan, pengawasan/pemantauan perilaku siswa, memberikan bimbingan, memotivasi, menasehati siswa untuk selalu bersikap disiplin, pemberian sangsi dan hukuman, serta mengembalikan peserta didik yang telah melakukan pelanggaran diluar batas kewajaran kepada orang tuanya. 3) Faktor pendukung dalam sistem pendisiplinan siswa MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda adalah adanya kebijakan dari yayasan yang mendukung jalannya sistem pendisiplinan, adanya kerjasama dari seluruh warga madrasah untuk membantu suksesnya sistem pendisiplinan, berlakunya sangsi mendidik untuk membantu mendisiplinkan siswa, adanya kesediaan dari orang tua untuk bekerja sama dengan pihak sekolah dalam mendisiplinkan siswa. Faktor penghambat dalam sistem pendisiplinan siswa MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda diantaranya adalah masih adanya peserta didik yang kadang tidak istiqomah dengan perilaku disiplin, kurang efektifnya proses pengadministrasian permasalahan yang dialami peserta didik, keterbatasan jumlah dan waktu guru, serta ketidakseragaman pemberian sangsi oleh guru.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPendisiplinan Siswa, Sistemen_US
dc.titleSistem Pendisiplinan Siswa MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record