dc.description.abstract | ABSTRAK
Muhammad Ikhsan, 2017. Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Terhadap Kepercayaan Diri Siswa dalam Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, MA sebagai pembimbing I dan Ibu Juhairiah, S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing II.
Pembelajaran Cooperative Learning adalah model pembelajaran yang mengutamakan kerja sama kelompok, dan dapat memberikan manfaat untuk menumbuhkan kepercayaan diri yang menjadi salah satu faktor kesulitan mengerjakan tugas-tugas sekolah. kurangnya kepercayaan diri siswa terutama kelas X menjadi salah satu permasalahan tersendiri terutama untuk berani mengemukakan pendapat atau bertanya dan menjawab lantaran tidak yakin apakah yang akan diungkapkan atau di jawab benar atau salah. Hal ini terjadi juga di SMKN 2 Samarinda. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model Cooperative Learning terhadap kepercayaan diri siswa dalam belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Salah satu bentuk manfaat yang bisa di dapat ialah guru dapat mengetahui pola dan strategi pembelajaran yang tepat dan bagi siswa mampu menjadi lebih aktif, berani mengemukakan pendapat dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil objek penelitian di SMKN 2 Samarinda.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun variabel independen ialah penerapan model Cooperative Learning dan adapun variabel dependen ialah kepercayaan diri siswa dalam belajar. Teknik analisis yang digunakan ialah uji korelasi product moment dan uji t. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu angka korelasi antara penerapan model Cooperative Learning dengan kepercayaan diri siswa dalam belajar sebesar 0,799 jika diinterpretasikan dengan interpretasi nilai r, maka nilai r masuk pada rentang nilai antara 0,60 s/d 0,79 dan masuk dalam kategori kuat berpengaruh. Adapun dari pengujian hipotesis berdasarkan rumus uji t didapati sebesar 10,550 dan 1,669 dengan begitu Hditerima sedangkan H ditolak. Jadi kesimpulannya terdapat pengaruh antara penerapan model Cooperative Learning terhadap kepercayaan diri siswa dalam belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Samarinda. | en_US |