dc.description.abstract | ABSTRAK
Putri Ramadaniwati Sari, 2019. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Gambar Al-Fabeth Pada Kelompok B di TK Al- Fikri Sambutan. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr.Muchammad Eka Mahmud, M.Ag sebagai Dosen Pembimbing I dan Mujahidah, M.Si sebagai Dosen Pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media gambar agar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf alfabeth pada anak usia dini. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf alfabeth anak melalui media gambar pada anak kelompok B di TK Al-Fikri Samabutan. Dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak, peneliti memfokuskan pada kemampuan mengenal huruf secara acak, menarik garis pada huruf, membedakan bunyi huru yang hampir sama dan menyebutkan huruf dengan menggunakan media gambar.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), lokasi penelitian di TK Al- Fikri Sambutan Samarinda. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas B yang berjumlah 15, peserta didik yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), obervasi dan refleksi (reflecting). Penelitian bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas, metode pengumpulan data menggunakan observasi,dokumentasi dan tes dengan unjuk kerja.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan mengenal huruf melalui media gambar. Sebelum dilakukan tindakan, kemampuan mengenal huruf anak masih 27,9%. Setelah melakukan tindakan, kemampuan mengenal huruf anak mulai meningkat yaitu pada siklus 1 kemampuan mengenal huruf anak menjadi 48,3% dengan kriteria cukup, dan pada siklus 2 kemampuan mengenal huruf anak meningkat menjadi 78,12% dan pada siklus 3 kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak naik menjadi 80,41% dengan empat aspek yang dinilai yaitu kemampuan mengenal huruf secara acak, menyambung huruf, membedakan bunyi bacaan huruf yang hampir sama, menyebutkan huruf, dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian maka, kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan mengenal huruf dapat dilakukan melalui media gambar di TK Al –Fikri Sambutan Samarinda | en_US |