Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Menggambar Dekoratif 2 Dimensi di TK Bina Prestasi Samarinda Tahun Pembelajaran 2019-2020
Abstract
ABSTRAK
Nur Aeni, 2019, Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Menggambar Dekoratif 2 Dimensi di TK Bina Prestasi Samarinda Tahun Pembelajaran 2019-2020 Skripsi Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Etty Nurbayani, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Nurwati, M.Pd selaku pembimbing II.
Minimnya kemampuan motorik halus anak didik di TK Bina Prestasi dalam hal, Kelenturan gerakan jari dan pergelangan, Kelenturan gerakan jari dan pergelangan tangan, Kelincahan otot-otot jari tangan yang terkoordinasi dengan mata dan menebalkan pola garis untuk menentukan sebuah gambar, merupakan latar belakang dari penelitian ini. Untuk mengetahi perkembangan dari permasalahan motorik halus anak ini, maka diadakanlah Penelitian ini, yang bertujuan untuk meningkatkan kemamuan motorik halus anak melalui bermain sambil belajar menggambar dekoratif 2 dimensi.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Waktu penelitian diadakan pada bulan Januari hingga Maret 2020. Teknik yang dilakukan pengumpulan data melalui observasi, pemberian tugas, dan dokumentasi. Adapun tahap-tahap penelitian ini terdiri atas perencanan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penlitian dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan.
Hasil Penelitian ini adalah bermain sambil belajar dekoartif 2 dimensi, dapat meningkatkan kemampuan motorik halus. Hasil yang diperoleh pada siklus I yaitu 49,2%, pada siklus II meningkat menjadi 72,2%, Siklus II memperoleh hasil yang diharapkan dengan nilai ratarata 7 dan telah memenuhi kriteria yaitu Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Simpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah dengan metode bermain sambil belajar menggambar dekoratif 2 dimensi yang dilaksanakan dengan cara belajar diulang-ulang dan proses belajar mengajar yang menyenangkan dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Bina Prestasi Samarinda.