Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Dalam Mengenal Huruf Melalui Media Card Smart Di Taman Kanak-kanak (TK) Rizky Maha Karya Utama
Abstract
ABSTRAK
Rini Pursisnawati, Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Dalam Mengenal Huruf Melalui Media Card Smart Di Taman Kanak-kanak (TK) Rizky Maha Karya Utama , Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Peneliti ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Robingatin, M.Ag dan Ibu Amalia Nur Aini, M.Pd
Latar belakang penelitian ini adalah di TK Rizky Maha Karya Utama Samarinda pengembangan bahasa dalam mengenal huruf diantaranya anak kurang mengingat apa yang disampaikan oleh guru, anak belum mengenal simbol-simbol huruf, mengenal huruf awal dari nama-nama benda di sekitar, menyebutkan gambar yang huruf awalnya sama. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengenalkan huruf pada anak dengan menggunakan media Card Smart, kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan bermacam-macam cara salah satunya adalah dengan bermain yang sangat disukai anak.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 anak di kelompok B dan objek penelitian adalah kemampuan bahasa anak dalam mengenal huruf melalui media.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengenalan huruf melalui media Card Smart di TK Rizky Maha Karya Utama dapat meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil positif pada setiap siklusnya, dapat dilihat perbandingan sebelum dilakukannya tindakan atau pra siklus adalah 25%, lalu setelah dilakukannya tindakan maka nilai siklus I sebesar 51%, siklus II mencapai 84%. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa dalam mengenal huruf anak melalui media card smart di TK Rizky Maka Karya Utama Samarinda sudah tepat dan kegiatan pembelajaran setiap siklusnya mengalami peningkatan yang positif, dan mencapai kriteria sangat tinggi.