View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur`An Melalui Metode Tilawati Pada Anak Usia Dini Di TK/TPA Annisa Unit 074 Samarinda Tahun Pelajaran 2019/2020

Thumbnail
View/Open
2020 PIAUD_ROIDAH.docx (13.80Kb)
Date
2020-05-27
Author
Roidah, Roidah
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Roidah 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur`An Melalui Metode Tilawati Pada Anak Usia Dini Di TK/TPA Annisa Unit 074 Samarinda Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Jurusan Madrasah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Ke Guruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Dr. Muhammad Eka Mahmud, M.Ag sebagai pembimbing I dan Nurwati, M.pd sebagai pembimbing II Penelitian tindakan kelas ini di latar belakangi dengan melihat kondisi perkembangan kemampuan membaca alqur`an pada anak di tk tpa annisa unit 074 samarinda khususnya pada indikator membaca Al-Qur`an dengan makhorijul huruf dan sifatul huruf serta pembacaan ahkamul mad walqoshr yang belum seimbang serta minimnya pengetahuan tentang bunyi lagu-lagu dalam membaca Al-Qur`an. Penelitian ini bertujuan untuk menngkatkan kemampuan membaca Al-Qur`an menggunakan metode tilawati pada anak kelompok A. TK/TPA Anisa Unit 074 Samarinda. Kemampuan membaca Al-Qur`an yang di teliti adalah, memebaca Al-Qur`an dengan makhorijul dan sifatul huruf huruf yang tepat,membaca alqur`an dengan ahkamul mad walqoshr yang tepat, dan membaca Al-Qur`an dengan lagu yang tepat.Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah 12 anak di TK/ TPA Annisa Unit 074 Samarinda yang terdi dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan obyek penelitian adalah kemampuan membaca Al-Qur`an dengan metode tilawati.teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi membaca Al-Qur`an secara individual. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan membaca Al-Qur`an dapat ditingkatkan melalui metode tilawati. Hal ini dapat di buktikan dari hasil yang positif pada setiap siklusnya, pada saat pra siklus kemampuan membaca Al-Qur`an mendapat presentase sebesar 25% dengan kriteria sangat rendah, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 51% dengan kriteria cukup dan meningkat kembali pada siklus II dengan mendapatkan presentase ketuntasan sebesar 84% dengan kriteria sangat baik.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/564
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [165]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV