Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur`An Melalui Metode Tilawati Pada Anak Usia Dini Di TK/TPA Annisa Unit 074 Samarinda Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
ABSTRAK
Roidah 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur`An Melalui Metode Tilawati Pada Anak Usia Dini Di TK/TPA Annisa Unit 074 Samarinda Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Jurusan Madrasah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Ke Guruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Dr. Muhammad Eka Mahmud, M.Ag sebagai pembimbing I dan Nurwati, M.pd sebagai pembimbing II
Penelitian tindakan kelas ini di latar belakangi dengan melihat kondisi perkembangan kemampuan membaca alqur`an pada anak di tk tpa annisa unit 074 samarinda khususnya pada indikator membaca Al-Qur`an dengan makhorijul huruf dan sifatul huruf serta pembacaan ahkamul mad walqoshr yang belum seimbang serta minimnya pengetahuan tentang bunyi lagu-lagu dalam membaca Al-Qur`an. Penelitian ini bertujuan untuk menngkatkan kemampuan membaca Al-Qur`an menggunakan metode tilawati pada anak kelompok A. TK/TPA Anisa Unit 074 Samarinda. Kemampuan membaca Al-Qur`an yang di teliti adalah, memebaca Al-Qur`an dengan makhorijul dan sifatul huruf huruf yang tepat,membaca alqur`an dengan ahkamul mad walqoshr yang tepat, dan membaca Al-Qur`an dengan lagu yang tepat.Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah 12 anak di TK/ TPA Annisa Unit 074 Samarinda yang terdi dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan obyek penelitian adalah kemampuan membaca Al-Qur`an dengan metode tilawati.teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi membaca Al-Qur`an secara individual.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan membaca Al-Qur`an dapat ditingkatkan melalui metode tilawati. Hal ini dapat di buktikan dari hasil yang positif pada setiap siklusnya, pada saat pra siklus kemampuan membaca Al-Qur`an mendapat presentase sebesar 25% dengan kriteria sangat rendah, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 51% dengan kriteria cukup dan meningkat kembali pada siklus II dengan mendapatkan presentase ketuntasan sebesar 84% dengan kriteria sangat baik.