Pengaruh Strategi Pembelajaran Guru Bidang Studi Pendidkan Agama Islam terhadap Penguatan Karakter Siswa di SMK Negeri 4 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nur Velayati, 2020, “Pengaruh Strategi Pembelajaran Guru Bidang Studi Pendidkan Agama Islam terhadap Penguatan Karakter Siswa di SMK Negeri 4 Samarinda”. Skripsi program studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof.Dr.Zurqoni,M.Ag selaku pembimbing I dan Bapak Drs.H.Ahmad Riyadi, SS, M.Hum selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah peneliti melihat adanya upaya guru PAI di SMK Negeri 4 Samarinda dalam penguatan karakter siswa melalui beberapa strategi pembelajaran di dalam kelas yang juga selaras dengan tujuan akhir pembelajaran PAI yaitu menjadikan siswa berakhlakul karimah. Penguatan karakter siswa,suatu tantangan bagi guru terkhusus menghadapi para generasi Z dengan keunikan karakternya.Dikatakan penguatan, karena generasi Z telah memiliki bibit-bibit karakter yang baik sebagai manusia modern, sehingga butuh untuk diarahkan dan diperkuat oleh guru melalui strategi yang tepat. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besarnya pengaruh strategi pembelajaran guru PAI terhadap penguatan karakter siswa di SMK Negeri 4 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan tehnik kuisioner dan wawancara. Analisis data dengan Regresi Linear Sederhana. Dengan populasi kelas X-XII yang berjumlah 1.042 siswa, dan pengambilan sampel dengan tehnik rundom sampling berjumlah 91 siswa dengan tingkat kesalahan 10%. Wawancara dilakukan dengan Plt. kepala sekolah dan juga guru PAI kelas X-XII yang berjumlah 3 guru PAI.
Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diperoleh persamaan regresi Ŷ=43,656+0,187X. Diperoleh nilai R sebesar 0,308 berada posisi “lemah” dengan interpretasi 0,20-0,399. thitung>ttabel yaitu 3,02>1,662 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran guru bidang studi Pendidikan Agama Islam terhadap penguata karakter siswa di SMK Negeri 4 Samarinda. Nilai R Square (R2) menunjukkan sebesar 9,5%. Dapat disimpulkan pengaruh strategi pembelajaran guru bidang studi Pendidikan Agama Islam terhadap penguatan karakter siswa di SMK Negeri 4 Samarinda sebsar 9,5%. Sedangkan 90,5 % lainnya dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya.