Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nur Hazlizah, 2020, “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Samarinda”. Skripsi program studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI selaku pembimbing I dan Nurwati, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah adanya asumsi bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Samarinda. Model pembelajaran ini merupakan salah satu model yang menyenangkan dan diharapkan mampu menambah pengetahuan, keaktifan, serta hubungan sosial peserta didik, yang berimbas pada hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan cooperative learning tipe jigsaw, hasil belajar, dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan populasi 1008. Teknik pengambilan sampel 60 peserta didik dengan cara Purposive sampling pada kelas XI IPA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada nilai skor aktual sebesar 3,416 dengan katagori “baik” karena model jigsaw dapat mengatasi kebosanan peserta didik dan menjadikan peserta didik lebih aktif, hasil belajar dari 60 responden terdapat 26 peserta didik yang memperoleh nilai “tinggi” dengan interval 86-94. Berdasarkan analisis data, diperoleh persamaan regresi Ŷ= 36,036+0,676X. Nilai R= 0,731 berada posisi “kuat” dengan interpretasi 0,60-0,799, thit= 8,15 > ttabel= 1,672 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Samarinda, dapat dimaknai kontribusi pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar sebesar 53,43% sedangkan 46,57% dipengaruhi oleh variabel-variabellainnya.
Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis merekomendasikan bahwa perlu adanya peningkatan pelaksanaan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Samarinda.