dc.description.abstract | ABSTRAK
Nur Rosid. 2017. Model Pembelajaran Aqidah Akhlak pada Kelas Tinggi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, MA. sebagai pembimbing I dan Ibu Marniati Kadir, S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pengetahuan guru akan model pembelajaran perlu ditingkatkan. Model pembelajaran merupakan sebuah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu. Setiap guru dapat menggunakan model pembelajaran pada mata pelajaran yang diampunya guna membantu mencapai tujuan pembelajaran seperti pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MIN 2 Samarinda.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaranapa yang sering digunakan dan dipandang efektif oleh guru di Madarsah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek penelitian di MIN 2 Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari wawancara, observasi dan deskripsi di analisis melalui tiga tahap yakni triangulasi, reduksi data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan pada penelitian ini, yaitu pada MIIN 2 Samarinda, guru mata pelajaran Aqidah Akhlak lebih cenderung menggunakan model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) dengan modelJigsaw, dan Make a Match. Adapun pemilihan model pembelajaran cooperative learning dengan metode Jigsaw dan Make a Match didasarkan pada beberapa pertimbangan seperti materi, kondisi siswa, dan alokasi waktu yang tersedia. | en_US |