Upaya Guru Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Al Mujahidin 2 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Heni Fatmawati. 2017. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Al Mujahidin 2 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.” Penelitian ini di bimbing oleh Dr. Muhammad Nasir, M.Ag Sebagai Pembimbing I dan Siti Julaiha, S.Ag, M.Pd Sebagai Pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini dalam pembelajaran Akidah Akhlak adalah upaya guru dalam menyampaikan materi pelajaran untuk meningkatkan daya ingat siswa yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Al Mujahidin 2 Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Al Mujahidin 2 Samarinda.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, yaitu menggambarkan secara akurat objek penelitian. Subyek penelitian ini adalah guru bidang studi Akidah Akhlak. Tekhnik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul di analisis melalui 3 tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upaya guru dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Al Mujahidin 2 Samarinda. (a) pemilihan metode untuk meningkatkan daya ingat siswa guru sering melakukan tanya jawab secara lisan dengan siswanya. (b) guru memiliki media khusus yang digunakan, untuk menghubungkan materi pembelajaran takabur perlu menghubungkan dengan cerita-cerita dan penyontohan. (c) teknik evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran Akidah Akhlak dengan tes lisan dan mengunakan tanya jawab langsung dengan siswa. (d) penggunaan metode Short Card digunakan oleh guru bidang studi Akidah Akhlak dalam menangani materi yang harus dihafalkan oleh siswa (2) Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat Daya Ingat. (a) faktor pendukung yang peneliti temukan adalah pemilihan metode dan media yang tepat(b) faktor penghambat yang peneliti temukan ialah emosi siswa yang tidak stabil, malas, jenuh, dan bosan.