dc.description.abstract | Muhammad Nizar, “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Menciptakan Nuansa Keislaman Di SMK TI Labbaika Samarinda Seberang”.
penelitian ini di bimbingan Bapak Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag sebagai
Pembimbing I dan Bapak Ahmad Muthohar, M.SI sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi karena di SMK TI Labbaika Samarinda,
Penulis melihat pendidikan yang terdapat di SMK TI Labbaika Samarinda
tersebut lebih khususnya dalam suasana sekolah yang berbeda dari sekolah
lainnya, dengan perencanaan yang disusun oleh semua pihak sekolah dalam
mencapai tujuan sekolah yang bernuansa keislaman. Perencanaan yang disusun
oleh semua pihak sekolah seperti upaya guru – guru dalam menciptakan nuansa
keislaman dalam mencapai tujuan Sekolah yang bermutu, kemudian perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang ada disekolah tersebut
terlihat terstruktur dalam mengembangkan dan meningkatkan kemajuan sekolah.
Pembagian tugas dan wewenang yang dibagi sesuai dengan bidangnya masingmasing yang dilaksanakan oleh seluruh staf serta menjalankan tugasnya dengan
baik karena mendapatkan motivasi dari kepala sekolah, begitu pula dalam
pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam memonitoring kinerja
guru baik dalam kelas maupun dalam ruang kerjanya, dan kerjasama antara kepala
sekolah dan guru-guru dalam mengukur kemampuan peserta didik dalam
memahami mata pelajaran yang diajarkan.
Penelitian ini merupakan penelitian tentang kualitatif deskriptif proses dan
makna lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif ini, tujuannya yaitu untuk
mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam di SMK TI Labbaika Samarinda
dalam menciptakan nuansa keislaman dan untuk mengetahui kendala yang
ditemui oleh guru pendidikan agama Islam di SMK TI Labbaika Samarinda dalam
menciptakan nuansa keislaman.
Adapun hasil penelitian ini setelah dilakukan observasi, wawancara, dan
dokumentasi telah ditemukan hasil keseluruhan proses upaya guru pendidikan
agama Islam dalam menciptakan nuansa keislaman dengan pendayagunaan
keseluruhan komponen yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan,
guru dan staf pendidikan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang
diupayakan sendiri oleh guru pendidikan agama Islam dan kepala sekolah
bersama semua pihak yang terkait dalam perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan, dan pengawasan. | en_US |