’Implementasi Media Pembelajaran (Eksperimen Media Stick Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Di PAUD Cemara Muara Badak)
Abstract
ABSTRAK
Yuliana, ‘’Implementasi Media Pembelajaran (Eksperimen Media Stick Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Di PAUD Cemara Muara Badak)’’. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Ahmad Riyadi, S.S, M.Hum dan Dr. Mujahidah, M.Psi
Menurut Undang-Undang SISDIKNAS Tahun 2003 bahwa pengertian anak usia dini adalah anak dalam rentang usiaantara 0-6 tahun, sedangkan para pakarpendidikan dalam rumpun PAUD menyebutkan anak usia dini adalah anak dalam rentang usia 0-8 tahun. Anak usia dini di definisikan pula sebagai kelompok anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat unik. Anak usia dini adalah masa yang sangat strategis untuk mengenalkan berhitung pada jalur matematika, karena usia dini sangat peka terhadap rangsangan yang diterimadari lingkungan. Rasa ingin tahunya yang tinggi akan tersalurkan apabila mendapatkan stimulus/rangsangan yang tepat sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui Implementasi Media Stick dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak di PAUD Cemara Muara Badak dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi media stick dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak di PAUD Cemara Muara badak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data di teliti dan di analisis menggunakan metode miles and hubermand.
Hasil ‘penelitianini menunjukkan bahwa:(1)Implementasi media stick untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak didik di PAUD Cemara Muara Badak telah terlaksana dengan baik 2) Dalam proses pembelajaran Implementasi media stick dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak didik di PAUD Cemara Muara Badak terdapat beberapa faktor penghambat yaitu: a. Guru yang kurang professional.b.waktu yang minim. c. Sarana dan Prasarana yang kurang memadai. Dan faktor yang dapat mendukungdalam proses pembelajaran implementasi media stick dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak didik di PAUD Cemara Muara Badak, yaitu: a. Guru harus Profesional b. Pengoptimalan waktu. c. Sarana dan Prasarana yang memadai.