Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Di RA Darussalam Bukuan Palaran Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Rita. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Di RA Darussalam Bukuan Palaran Samarinda”. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Ananiah, M. M.Pd dan Bapak Abdul Razak, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini kurangnya minat anak belajar mengenal angka sehingga anak bisa menyebutkan angka saja tapi belum mengerti lambang dan cara penulisannya, mencocokkannya dengan benda serta mengurutkan angkanya dengan benar. Jadi tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka melaui permainan kartu angka di RA. Darussalam Bukuan Palaran Samarinda. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan pada anak usia 5-6 tahun dilakukan kepada kelompok B1 di RA Darussalam Bukuan Palaran Samarinda tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 12 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Semua siswa dilibatkan dalam penelitian ini melalui permainan kartu angka.
Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi. Aktifitas dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai proses siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam penelitian ini hasil yang ingin dicapai oleh peneliti adalah 75%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada kelompok B RA Darussalam Bukuan Palaran Samarinda tahun pelajaran 2016/2017. kemampuan pengenalan angka dari kondisi pratindakan ke siklus I dengan nilai rata-rata 2.8 kategori mulai berkembang (MB) sebanyak 5 anak atau 42%dari 12 anak. Pada siklus II mengalami peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata 3.5 kategori berkembang sesuai harapan sebanyak 11 anak (BSH) 92% .
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal angka 1-10 melalui permainan kartu angka pada anak kelompok B di RA Darussalam mengalami peningkatan dan memenuhi kriteria ketuntasan.