dc.description.abstract | ABSTRAK
NURSIAH. B. 2017. Implementasi Pembelajaran Sentra di Kelompok Bermain Rasyiqah Samarinda Seberang, Skripsi, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Lina Revilla Malik, M.Si selaku pembimbing I dan Siti Nor Asiah, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya penerapan pembelajaran sentra kelompok A Kelompok Bermain Rasyiqah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran sentra dan faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi saat mengajar pembelajaran sentra di Kelompok Bermain Rasyiqah Samarinda Seberang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Sumber data adalah kepala sekolah dan pendidik Kelompok Bermain Rasyiqah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi pembelajaran sentra di Kelompok Bermain Rasyiqah dilakukan dengan tiga tahap: (a) Perencanaan meliputi pembuatan RPPH dan RPM; (b) Pelaksanaan meliputi: proses kegiatan, pembukaan, inti, recalling, penutup, dan rencana penilaian; (c) Penilaian dilakukan dengan teknik observasi, ceklis, dan hasil karya yang dikemas dalam laporan setengah semester dan akhir semester.
Faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran sentra di Kelompok Bermain Rasyiqah Samarinda Seberang yaitu: (a) Kerja sama pendidik dan staf; (b) Banyaknya jumlah pendidik yang memadai dalam setiap kelas terdapat 2 pendidik untuk masing-masing kelas, sedangkan faktor penghambatnya yaitu: (a) Alat dan bahan yang kurang mendukung pada saat tema yang sulit; (b) Mood peserta didik yang berubah-berubah. | en_US |