Show simple item record

dc.contributor.authorPurwati, Indah
dc.date.accessioned2020-06-21T00:46:29Z
dc.date.available2020-06-21T00:46:29Z
dc.date.issued2017-09-16
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/598
dc.description.abstractABSTRAK Indah Purwati, 2017. Peningkatan kemampuan Kognitif melalui penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Tutup Botol pada anak kelompok B di TK Islam Al-Kautsar Samarinda. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs.H.M. Said Husin, MA dan Siti Maulida, M.Pd. Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kemampuan Kognitif pada anak kelompok B di TK Islam Al-Kautsar sehingga perlu adanya media yang menarik perhatian anak untuk meningkatkan kemampuan kognitif terutama dalam kemampuan matematika. Dengan menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) Tutup Botol diharapkan bisa membantu ibu guru di TK Islam al-Kautsar dalam meningkatkan kemampuan matematika anak didiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Kognitif anak Kelompok B di TK Islam Al-Kautsar Samarinda dengan menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) tutup botol. Penelitian yang dilaksanakan di TK Islam Al-Kautsar Samarinda tahun pembelajatan 2016-2017 adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi yang dilaksanakan melalui tiga tindakan siklus yang terdiri dari tindakan siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Subyek penelitian yaitu anak kelompok B1 yang berjumlah 19 anak. Tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi dengan menggunakan tehnik analisis statistik deskriptif untuk mengolah karakteristik data dengan cara menjumlah, mencari nilai rata-rata, dan presentase agar mudah dibaca alur berpikirnya menggunakan tabel. Pelaksanaan tindakan siklus pertama dapat dikatakan belum memuaskan karena memperoleh jumlah prosentase adalah 36,2 % dan nilai rata-rata adalah 2,3 (Dibawah target yang ingin dicapai guru yaitu 90% anak tuntas belajar dan memiliki nilai rat-rat minimum 3). Pelaksanaan tindakan siklus 2 juga dikatakan belum memuaskan karena nilai dan persentase yang didapat masih dibawah target yang diharapkan yaitu 62,8 % dan nilai rata-rata baru 2,90 % dan pada siklus 3 yang didapat sangat memuaskan karena diatas target yang ingin dicapai yaitu 94,9 % dan nilai rata-rata 3,76. Berdasarkan hasil uraian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada tindakan siklus pertama, kedua dan ketiga dapat disimpulkan oleh peneliti bahwa melalui Alat Permainan Edukatif tutup botol telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B di TK Islam Al-Kautsaren_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectkemampuan Kognitif, penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Tutup Botol, anak kelompok Ben_US
dc.titlePeningkatan kemampuan Kognitif melalui penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Tutup Botol pada anak kelompok B di TK Islam Al-Kautsar Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record