View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Problematika Kemampuan Berbahasa Anak, di PAUD Taam DDI Tani Aman Kecamatan Loajanan Ilir, Samarinda

Thumbnail
View/Open
2017 PIAUD_Darmini.docx (15.26Kb)
Date
2017-06-16
Author
Darmini, Darmini
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Darmini, 2017. “Problematika Kemampuan Berbahasa Anak, di PAUD Taam DDI Tani Aman Kecamatan Loajanan Ilir, Samarinda, Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Program Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Jurusan Pendidikan Madrasah (PM) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa di Paud Taam DDI Tani Aman Samarinda masih terdapat beberapa anak yang mengalami keterlambatan berbicara, menulis, membaca dan menyimak. Sebagian besar mereka belum mampu mengungkapkan perasaan dan pikirannya kepada orang lain dengan bahasa yang semestinya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana problematika kemampuan berbahasa anak di PAUD Taam DDI Tani Aman Samarinda, dan apa solusi guru dalam menangani problem-problem tersebut, serta faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat problematika berbahasa anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di PAUD Taam DDI Tani Aman. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis data Miles and Huberman. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa Problematika kemampuan berbahasa anak di PAUD Taam DDI Tani Aman,terjadi karena anak cenderung asyik dengan dunianya sendiri, memiliki daya konsentrasi relative pendek sehingga tidak fokus. Solusi guru dalam hal ini melakukan berbagai pendekatan secara personal, pendekatan task analisis, pendekatan perilaku, dan pendekatan minat. Adapun faktor-faktor yang mendukung adalah kognitif dan lingkungan sosial, serta kematangan fungsi otak. Sedangakan faktor yang menghambat minimnya komunikasi yang terjalin antara anak dengan orang dewasa sehingga anak tidak dapat cukup informasi yang mendukung kelancaran bicaranya.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/599
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [165]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV