Problematika Kemampuan Berbahasa Anak, di PAUD Taam DDI Tani Aman Kecamatan Loajanan Ilir, Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Darmini, 2017. “Problematika Kemampuan Berbahasa Anak, di PAUD Taam DDI Tani Aman Kecamatan Loajanan Ilir, Samarinda, Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Program Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Jurusan Pendidikan Madrasah (PM) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa di Paud Taam DDI Tani Aman Samarinda masih terdapat beberapa anak yang mengalami keterlambatan berbicara, menulis, membaca dan menyimak. Sebagian besar mereka belum mampu mengungkapkan perasaan dan pikirannya kepada orang lain dengan bahasa yang semestinya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana problematika kemampuan berbahasa anak di PAUD Taam DDI Tani Aman Samarinda, dan apa solusi guru dalam menangani problem-problem tersebut, serta faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat problematika berbahasa anak.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di PAUD Taam DDI Tani Aman. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis data Miles and Huberman.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa Problematika kemampuan berbahasa anak di PAUD Taam DDI Tani Aman,terjadi karena anak cenderung asyik dengan dunianya sendiri, memiliki daya konsentrasi relative pendek sehingga tidak fokus. Solusi guru dalam hal ini melakukan berbagai pendekatan secara personal, pendekatan task analisis, pendekatan perilaku, dan pendekatan minat. Adapun faktor-faktor yang mendukung adalah kognitif dan lingkungan sosial, serta kematangan fungsi otak. Sedangakan faktor yang menghambat minimnya komunikasi yang terjalin antara anak dengan orang dewasa sehingga anak tidak dapat cukup informasi yang mendukung kelancaran bicaranya.