View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peningkatan Perkembangan Sosial Melalui Metode Permainan Tradisional Bakiak Anak Usia Dini Di Taman kanak-Kanak Islam AlAzhar I Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017

Thumbnail
View/Open
2017 PIAUD_Asfiah.docx (14.99Kb)
Date
2017-06-16
Author
Asfiah, Asfiah
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Asfiah “Peningkatan Perkembangan Sosial Melalui Metode Permainan Tradisional Bakiak Anak Usia Dini Di Taman kanak-Kanak Islam AlAzhar I Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017”. Penelitian ini dibimbing oleh Siti Julaiha, S.Ag.M.Pd dan Sunanik, M. Pd.I PenelitianTindakan Kelas ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan perkembangan sosial anak usia TK B karena kurangnya kreativitas guru dalam memberikan media pembelajaran, guru selama ini hanya mengunakan stimulus dengan kegiatan bermain peran untuk mengembangkan sosial anak didik. Berdasarkan uraian latar belakang tersebut di atas, melalui penelitian ini diharapakan dapat meningkatkan perkembangan sosial anak, mengingat perkembangan sosial sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak di masa mendatang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan sosial melalui metode permainan tradisional bakiak anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Islam Al Azhar I Samarinda. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur yang digunakan adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Untuk meningkatkan perkembangan sosial digunakan metode permainan tradisional bakiak.Penelitian ini dilakukan di TK Islam Al Azhar I Samarinda dengan 2 siklus. Aspek penilaian dalam penelitian ini adalah simpati, kerjasama, persaingan, dan dukungan.Berdasarkan hasil observasi siklus I perkembamgan simpati sebesar 53%, kerjasama 62%, persaingan 62% dan dukungan 46%. Pada siklus II perkembangan sosial anak meningkat, perkembangan simpati meningkat menjadi 92%, kerjasama meningkat menjadi 100%, persaingan meningkat menjadi 100% dan dukungan meningkat menjadi 85%. Prosentase ketuntasan hasil belajar anak yang peneliti targetkan adalah 90% dan hasil prosentase dari penelitian adalah sebesar 94%, dengan demikian penelitian ini dikatakan berhasil. Dari hasil yang didapat tersebut dapat disimpulkan bahwa metode permainan tradisional bakiak dapat meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini di Taman kanak-Kanak Islam Al Azhar I Samarinda.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/601
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [165]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV