Show simple item record

dc.contributor.authorMujiatmi, Mujiatmi
dc.date.accessioned2020-06-21T01:25:58Z
dc.date.available2020-06-21T01:25:58Z
dc.date.issued2017-06-07
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/602
dc.description.abstractABSTRAK Mujiatmi. 2017 “Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Angka Melalui Metode Bermain Kartu Bilangan Kelompok B PAUD Tulabul ‘Ilmi Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017” Skripsi, Progaram Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Ilmi Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Zamroni, M.Pd dan Siti Nasiah, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan anak mengenal angka di kelompok B PAUD Tulabul ‘Ilmi Samarinda Tahun Pembelajaran 2016-2017 tergolong masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh fakta dari 12 jumlah anak didik, hanya 33% yang tuntas. Rendahnya kemampuan memahami bilangan ini disebabkan oleh: (1) belum adanya pemahaman membilang menggunakan objek berupa benda konkret, (2) guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik dan variaktif untuk mengembangkan kemampuan memahami bilangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode bermain kartu bilangan dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal angka di PAUD Tulabul ‘Ilmi Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian yakni 12 anak kelompok B PAUD Tulabul ‘Ilmi Samarinda. Penelitian dilaksanakan dua siklus, setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu: perencanaan. Pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain: RPPH, lembar observasi dan lembar penilaian unjuk kerja anak.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectKemampuan Anak Mengenal Angka, Metode Bermain Kartu Bilanganen_US
dc.titleMeningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Angka Melalui Metode Bermain Kartu Bilangan Kelompok B PAUD Tulabul ‘Ilmi Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record