EfektifitasiPenerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nur Mifta Huljannah 12.1101.0090, judul skripsi “Efektifitas Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri Samarinda”. Skripsi, jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M.SI selaku pembimbing I dan Much, Eka Mahmud, M.Ag. Selaku pembimbing II.
Sebagai mana kita ketahui bahwa belajar mengajar merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Belajar menunjukan apa yang harus dilakukan seseorang sebagai subjek yang menerima pelajaran. Sedangkan mengajar menunjukan apa yang harus dilakukan oleh guru sebagai pengajar. Belajar adalah proses prubahan perilaku berkat pengalaman dan pelatihan, Artinya, tujuan kegiatan belajar adalah perubahan tingkah laku, baik yang menyangkut pengetahuan, keterampilan maupun sikap, bahkan meliputi segenap aspek organisme atau pribadi. Kegiatan belajar mengajar seperti organisasi pengalaman belajar, Demikian pula kegiatan belajar mengajar atau bimbingan wudhu dan sholat diSekolah Menengah Kejuruan. Dimana didalam bimbingan tersebut memuat materi thoharoh, wudhu dan shalat. Materi ini tidak hanya bersifat pemahaman saja, tetapi bersifat amalan yang harus diterapkan dalam kehidupana sehari-hari. Maka diperlukan bimbingan ini yang akan membuat peserta didik mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan sendiri. Khusunya untuk bimbingan materi wudhu dan sholat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bimbingan wudhu dan sholat di SMK Negeri 2 Samarinda.
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survey yaitu menyebarkan angket. Dengan meneliti sample sebanyak 38 responden yang meliputi seluruh siswa kelas X di SMK 2 Samarinda. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.Setelah data dari angket terkumpul, maka penulis menganalisa dengan menggunakan rumus Uji Mean.
M=(∑fX)/N
Setelah dilakukan perhitungan data angket, maka diperoleh hasil 0,80 yang apabila dipersentasikan menjadi 80 % dimana nilai tersebut terdapat pada rentang 0,76 – 1,00 dan masuk dalam kategori sangat efektif pada efektivitas Bimbingan Wudhu dan Sholat. Jadi dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Bimbingan Wudhu dan Shalat yang dilakukan oleh guru disekolah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Samarinda sangat baik.