Meningkatkan Perhatian Anak pada kelompok B Melalui Alat Permainan Edukatif Bentuk Puzzle Di Raudhatul Athfal al Kamal 2 Palaran
Abstract
ABSTRAK
Asima. 2017 “Meningkatkan Perhatian Anak pada kelompok B Melalui Alat Permainan Edukatif Bentuk Puzzle Di Raudhatul Athfal al Kamal 2 Palaran” Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Robingatin, M.Ag dan Siti Nasiah, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah perhatian anak dianggap sangat penting dalam setiap pembelajaran, menunjukkan bahwa rendahnya perhatian terhadap pembelajaran yang berlangsung disebabkan karena media dan metode yang digunakan masih kurang tepat atau tidak menggunakan alat peraga sehingga pembelajaran tidak bervariasi dan menarik, anak merasa bosan dan jenuh dalam belajar. Salah satu media dan metode tersebut adalah bermain puzzle. Cara menyajikan materi pelajaran dengan cara bermain puzzle dimana guru memberikan contoh memasang puzzle dengan benar. Metode ini telah diterapkan di sekolah Raudhatul Athfal al Kamal 2 Palaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perhatian anak melalui permainan puzzle.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) lokasi penelitian di Raudhatul Athfal al Kamal 2 Palaran beralamat di Jl, Simpang Pasir Rt. 29 Kelurahan Handil Bakti. Subyek penelitian adalah siswa RA al Kamal yang berjumlah 21 anak, terdiri dari 7 anak perempuan dan 14 anak laki-laki, subyek penelitian ini dilihat dari perhatiannya, yakni sangat baik, baik, cukup, dan kurang. Pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), Pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing), refleksi (reflecting). Penelitian bersifat kalaboratif antara peneliti dan guru kelas, metode pengumpulan data meningkatkan perhatian dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan perhatian anak melalui alat permainan edukatif bentuk puzzle. Sebelum dilakukan tindakan mencapai 25%, masuk kategori baik dalam memasang puzzle, setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan permainan puzzle, perhatian anak menunjukkan peningkatan yakni pada siklus I mencapai 49% masuk kategori baik dalam memasang puzzle dan siklus II 74% masuk kategori baik dalam memasang puzzle. Kesimpulan penelitian ini adalah alat permainan edukatif bentuk puzzle dapat meningkatkan perhatian anak pada kelompok B di Raudhatul Athfal al Kamal 2 Palaran.