Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Finger Paintingdi TK Harapan Bangsa Loa Janan Ilir Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Lisa Rizki Febrianti, 2017 “ Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Finger Paintingdi TK Harapan Bangsa Loa Janan Ilir Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Robingatin, M.Ag dan Luluk Humairoh, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah kreativitas anak dianggap penting dalam setiap pembelajaran, menunjukkan bahwa rendahnya kreativitas (melukis) terhadap pembelajaran yang berlangsung disebabakan karena media dan metode yang digunakan masih kurang tepat atau tidak menggunakan alat peraga sehingga pembelajaran tidak bervariasi dan menarik, anak merasa bosan dan jenuh dalam belajar. Salah satu media tersebut adalah bermain finger painting yaitu cara menyajikan materi pelajaran dengan cara bermain finger painting dimana guru memberikan contoh melukis dengan jari. Bermain finger painting telah diterapkan di sekolah TK Harapan Bangsa Loa Janan Ilir.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan bermain finger painting.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) lokasi penelitian ini di TK Harapan Bangsa Loajanan Ilir.Berlokasi di Jl, Cipto Mangun Kusumo Gg. Nyiur Rt. 08 Kelurahan Sengkotek. Subyek penelitian adalah siswa TK Harapan Bangsa yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8anak perempuan, subyek penelitian ini dilihat dari kreativitas, yakni sangat baik, baik, cukup, dan kurang. Pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), Pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing), refleksi (reflecting).Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas, metode pengumpulan data meningkatkan kreativitas dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan bermain finger painting. Sebelum dilakukan tindakan mencapai 15%, masuk kategori baik dalam finger painting, setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan permainan finger painting, kreativitas anak menunjukkan peningkatan yakni pada siklus I mencapai 22% masuk kategori baik dalam bermain finger painting dan siklus II 64% masuk kategori baik dalam bermain finger painting. Kesimpulan penelitian ini adalah kegiatan bermain finger painting dapat meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B di TK Harapan Bangsa Loa Janan Ilir.