Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Miftahul Jannah, 2013. “Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa” Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI dan Dr. Hj Ity Rukayah, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah masih terdapat sebagian siswa terutama kelas 8 yang kurang bersungguh-sungguh dalam belajar diantara mereka ada yang kurang memperhatikan, bergurau dengan temannya dan jarang bertanya dalam proses Pembelajaran. Padahal sepengetahuan penulis variasi gaya mengajar guru PAI kelas 8 cukup baik. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui apakah ada pengaruh antara variasi gaya mengajar guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Samarinda.
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Model Samarinda. Waktu penelitian dilaksanakan pada tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 11 kelas yang berjumlah 393 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling yaitu simple Random sampling. Penulis menetapkan besarnya sampel kurang lebih 20% dari besarnya populasi. Karena jumlah siswa MTs Negeri Model Samarinda relatif lebih banyak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penulis adalah korelasi product moment.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa r = 0.995 setelah di interpretasikan pada r tabel, maka pada kisaran antara 0,80 sampai 1,000 artinya antara variabel X danvariabel Y terdapat pengaruh yang sangat kuat. Berdasarkan perhitungan diketahui pada taraf signifikasi 5% uji dua pihak dengan dk (n-2) yakni (80-2) = 78, maka diperoleh t tabel 2.000 sedangkan t hitung yang dihasilkan yaitu 87.87. Hal ini berarti t hitung lebih besar dari ttabel dengan kata lain jika t hitung 87.87>ttable 2000 maka terdapat pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di MTs Negeri Model Samarinda.Variasi gaya mengajar yang dilakukan oleh para guru PAI cukup beragam dan berpengaruh sangat kuat terhadap motivasi belajar siswa. Meskipun tidak semua dari variasi mengajar dilakukan. Dengan Variasi gaya mengajar guru yang baik maka, akan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini mengingat pentingnya variasi gaya mengajar guru sehingga siswa tidak jenuh dan lebih termotivasi dalam proses pembelajaran.