Metode Pembelajaran Agama Dalam Meningkatkan Moral Anak Didik di TK Islam Al Kautsar Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017
Abstract
ABSTRAK
Nurjanna, 2017, “Metode Pembelajaran Agama Dalam Meningkatkan Moral Anak Didik di TK Islam Al Kautsar Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017.” Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Jurusan Pndidikan Madrasah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muh.Eka Mahmud, M.Ag (sebagai dosen pembimbing I) danHajriana, M.Pd (sebagai dosen pembimbing II).
Latar belakang penelitian ini disebabkan karena kurangnya penanaman nilai-nilai moral yang baik, orang tua kurang memperhatikan tingkah laku anak sehari-hari. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu Metode khusus pembelajaran agama dan moral anak di TK Islam Al – Kautsar. Hambatan dan dukungan juga terjadi dalam pelaksanaan metode pembelajaran tersebut.
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui moral anak didik di TK Islam Al Kautsar Samarinda. Serta apa saja metode yang digunakan untuk melaksnakan pembelajaran agama, serta untuk mengetahui factor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran agama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitaif. Teknik pengumpulan data didapat dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran agama dalam meningkatkan moral anak didik di TK Islam Al Kautsar Samarinda Tahun ajaran 2016/2017”, dan upaya apa saja yang dilakukan guru untuk melakukan pelaksanaan metode pembelajaran agama dalam meningkatkan moral anak didik di TK Islam Al Kautsar Samarinda,yaitu dengan metode; ceramah, metode diskusi, metode demonstrasi, danmetode pemberian tugas, serta faktor apa saja yang menghambat dan yang mendukung pelaksanaan metode pembelajaran agama dalam meningkatkan moral anakdidik di TK Islam Al Kautsar Samarinda tahun pembelajaran 2016/2017, factor yang menghambat yaitu berasal dari bawaan atau keturunan orang tua, pola asuh keluarga, dan factor lingkungan. Sedangkan yang mendukung yaitu, sekolah beserta guru-guru juga keinginan dan kemauan orang tua untuk perkembangan moral anak menjadi lebih baik.